Categories
artikel

Tips Menjadi Emak Emak Super Militan

Menjadi emak emak super militan
Emak emak adalah makhluk super yang diciptakan Tuhan dimuka bumi ini. Emak emak asli yang bukan jadi jadian alias banci tentu kodratnya berbeda. Emak itu seorang perempuan punya tugas penting agar rumah tangganya terurus. mulai dari mengurus suami tercinta, juga mengurus buah hati, plus sejalan dengan mengurus diri sendiri.

Ini artinya, emak emak secara alami musti memiliki kemampuan multitasking atau kemampuan melaksanakan berbagai macam tugas sehari hari dari bangun tidur hingga tidur kembali. Peran emak biasanya tak lebih dari Dapur, Kasur dan Sumur… 3 (tiga) ur ini haruslah dikerjakan emak emak dengan sempurnya. Dapur untuk urusan masak memasak, emak musti pandai menyajikan makanan yang baik dan sehat. Soal kasur, emak musti piawai dalam melayani urusan tidur anak2 dan suaminya… soal sumur, si emak juga harus setrong membereskan segalanya.

Untuk melaksanakan 3-ur tersebut, para emak musti belajar. Belajar dari emaknya, belajar dari lingkungannya tanpa kenal lelah sedari kecil hingga akhir hanyat. Dan itu baru urusan 3-ur. Kalaulah ada emak single parent, tentu urusan tiga itu ditambah satu urusan lagi yaitu mencari penghasilan. Emak single parent memiliki 4 tugas luar biasa yang sangat sedikit laki laki yang sanggup, atau bahkan bisa dibilang, tak ada laki laki yang sanggup melakukan 4 tugas ini.

kalaulah ada emak yang terpaksa melakukan 4 hal super ini, kami ada tips dari hasil wawancara kami dengan beberapa emak super yang single parent dan tidak single parent, tips nya sebagai berikut:


1. Bedakan antara keinginan dan kebutuhan, yang penting dan yang genting.

Emak yang single parent ataupun yang tidak, musti dapat membedakan mana yang kebutuhan dan mana yang keinginan. Jika kebutuhan akan makanan sehat dan baik itu sangat diperlukan, maka keinginan memenuhinya musti juga harus dijaga. misalnya butuh makan, ingin ke restoran cepat saji, ini emak musti punya peran untuk mengarahkan kebutuhan dapur keluarga ke arah yang baik… tidak semua kebutuhan harus disesuaikan dengan keinginan, ada kalanya, keinginan itu harus diatur. Apa salahnya membuat aturan mengenai banyak hal untuk kebutuhan rutin dan bagaimana pemenuhannya.

Barulah setelah emak berhasil memilah mana kebutuhan mana keinginan, kemampuan emak musti ditingkatkan ke : mana yang penting, mana yang genting, atau dengan kata lain, emak musti tahu mana yang harus sekarang dilakukan, mana yang bisa ditunda.


2. Atur jam kerja

Emak emak musti atur jam kerja, jika memasak makan pagi membutuhkan waktu setidaknya 3 jam, maka si emak musti siapin sarapan dari jam 3 pagi untuk anak anak bisa sarapan jam 6 dan masuk sekolah jam 7. Jika misal tidak bisa 3 jam, maka dicicil malam hari pun bisa. Selepas urusan rumah tangga selesai, barulah emak bisa bekerja untuk yang lain, misal sebagai single parent harus bekerja mencari nafkah.
Disini, emak emak juga musti atur jam kerja. Untuk itu, carilah pekerjaan yang jam kerjanya tidak mengganggu jadwal keluarga dan dapat menghasilkan pemasukan yang besar. Sekarang ini banyak tersedia pekerjaan yang seperti itu, misal jualan online atau memasarkan barang milik orang lain secara online sembari bekerja fisik di suatu tempat, misal sebagai penjaga toko dan sebagainya.

3. Persiapan sehari sebelumnya
Emak emak super ini musti punya kemampuan memperkirakan apa yang akan terjadi hari berikutnya. Walaupun Tuhan yang tahu apa yang akan terjadi esok hari, tapi para emak musti punya persiapan untuk kegiatan apa yang akan dilakukan esok hari. Walaupun tidak dalam bentuk catatan, setidaknya dalam pikiran emak tergambar besok musti mengerjakan apa termasuk apa yang akan dipesan online.

4. Bikin catatan kegiatan hingga catatan belanja

Jika kemampuan emak untuk menerawang, atau mengingat kegiatan esok hari bisa di ingatan memory kepala saja, itu bagus. Tapi bisa mungkin terjadi, dengan 3-ur dan urusan pekerjaan lainnya bisa jadi mengacaukan ingatan kegiatan esok hari, disinilah pentingnya emak emak membuat catatan catatan kecil yang disimpan dalam saku. jangan sampai nanti ke pasar tanpa catatan, terus membeli banyak bahan masakan, ternyaata ada yang belum kebeli atau malah sudah kebeli tapi tidak digunakan, kan sayang sekali waktunya jika harus bolak balik ke pasar atau sayang uangnya jika ada bahan masakan yang tidak terpakai gara gara salah beli karena tidak dicatat.

5. Sampaikan pengertian ke suami dan anak anak

Sampaikan dengan baik kepada suami dan anak anak mengenai berbagai hal dalam tanggungjawab emak emak. Misalnya, jikalau ada keterlambatan dalam menyajikan sarapan, sampaikan baik-baik. Komunikasi dan saling mengerti itulah kuncinya, dan hal ini bisa dimulai dari emak emak yang memulainya dengan cara penyampaian yang lembut dan penuh kehangatan agar memperoleh pengertian dari semua anggota keluarga


6. Jaga semangat dan kesehatan

Kalau kadang ngedrop fisik, wajar… karena emak emak memang bebannya berat. Bayangkan saja dari sebelum subuh musti memasak, mengurus suami dan anak anak, kemudian harus bekerja bagi yang single parent, selepas itu pulang kerja ada urusan cuci baju dan baerbagai kebutuhan rumah tangga, kesehatan bisa drop… ini bahaya! lebih bahaya lagi jika semangat emak emak ini yang drop! nah, untuk itu emak emak musti punya cara untuk antisipasinya. Jaga kesehatan, cukup istirahat, beri hak badan itu untuk makan dan istirahat yang cukup. jangan terlalu dipaksa. Semangat juga jangan sampai kendor, kontak dengan sesama emak via HP untuk saling menyemangati juga perlu. Jadi jangan abaikan istirahat dan bersosial ya emak emak….


7. Fokus

Fokus! jangan terpengaruh gosip tetangga atau omongan orang. Emak emak musti fokus untuk urusan kerjaanya. Jauhi sumber sumber distraksi atau pengganggu konsentrasi emak emak agar tetap bisa berjalan sesuai rencana.


8. Jangan lupa berdoa

Tentulah sebagai umat beragama kita harus berdoa, doa itu juga kekuatan. Ada keyakinan di doa itu, bahwa yang yang dilakukan baik, tentu akan berbalas baik di kemudian hari. Harapannya adalah, suami makin cinta dan makin baik, anak anak juga baik dan tumbuh dewasa menjadi seperti yang diinginkan, dan para emak bisa menuai hasilnya nanti dikala senja, dengan menimang cucu dan ditemani anak-anak yang baik dan sukses berkat kerja kerasnya dimasa muda….

Selamat berjuang ya emak emak… kamu pasti bisa!

Categories
Uncategorized

Fruits decoration

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur Nulla fringilla purus at leo dignissim congue. Mauris elementum accumsan leo vel tempor. Sit amet cursus nisl aliquam.

Categories
Uncategorized

Selling on the street

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur Nulla fringilla purus at leo dignissim congue. Mauris elementum accumsan leo vel tempor. Sit amet cursus nisl aliquam.

Categories
Uncategorized

Prepare delicious food

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur Nulla fringilla purus at leo dignissim congue. Mauris elementum accumsan leo vel tempor. Sit amet cursus nisl aliquam.